ADAPTASI DIGITALISASI MARKETING MENUJU UMKM MANDIRI PADA UMKM DI KECAMATAN CINERE, KOTA DEPOK JAWA BARAT
Universitas Pembangunan
Nasional “Vetera” Jakarta bekerjasama dengan Griya UKM Cinere menyelenggarakan
Pengabdian Kepada Masyarakat dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan
Tinggi yang dilaksanakan pada hari Kamis 8 Juni 2023 di Kecamatan Cinere yang
dilakukan oleh Ibu Dra Bernadin Dwi.M, MM selaku ketua pengabdi yang
beranggotakan Bp Henki Bayu Seta, S.Kom.,M.Ti dan Bp Jenji Gunaedi Argo,SE.,MM.
Kegiatan ini di buka
oleh Camat Cinere Bapak H. Mursalim, S.Ag.,M.Si yang dihadiri oleh 30 pelaku
usaha di cinere yang tergabung dalam wadah Griya UKM Cinere, yang diketuai oleh
Ibu Estiarati. Digitalisasi marketing merupakan
kunci untuk meningkatkan daya saing UMKM di era digital, Dengan digitalisasi
marketing yang tepat, UMKM dapat mencapai pasar yang lebih luas dan
meningkatkan profitabilitas bisnis serta meningkatkan kinerja umkm.
Akselerasi digitalisasi
marketing pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dilakukan guna memperluas
akses pasar serta meningkatkan daya saing dan menjadi harapan agar dapat
mendorong UMKM yang lebih kuat dan mandiri dan produktif dengan melalui inovasi
strategi pemasaran berbasis digital. 3 (tiga) Pilar Program Pengembangan UMKM
yaitu meningkatkan kapasitas produksi, efisiensi biaya, serta perluasan pasar.
Salah satu implementasi program dari ketiga pilar pengembangan UMKM adalah
melalui Program Digitalisasi pemasaran / digital marketing pada UMKM. Era
digital menuntut para pelaku umkm untuk segera beradaptasi dengan tehnik
pemasaran online yang memungkinkan dapat menjangkau pasar potensial yang lebih
luas. Manfaat pemasaran online telah dirasakan oleh para pelaku bisnis, Usaha
mikro kecil menengah termasuk salah satu unit bisnis yang mendapat keuntungan
besar berkat adanya teknik pemasaran secara online. Pemasaran online adalah
upaya mempromosikan produk menggunakan platform online yang bisa diakses
melalui internet, misalnya melalui media sosial, website, blog, iklan online,
dan sejenisnya. Meningkatnya pengguna internet secara global menjadi potensi
pasar bagi UMKM untuk dapat dimanfaatkan sebesar besarnya untuk menjual
produknya dalam mengoptimalisasi pencapaian target penjualan berbasis online.
Tujuan kegiatan pengabdian ini diantaranya memberikan pengetahuan dasar
pentingnya pemasaran digital dalam pengelolaan UMKM memberikan pemahaman
pentingnya pengetahuan tentang digital branding, serta analisis dan
pengembangan brand secara sederhana, praktek pembuatan akun media online,
website.





