IMG_0018

Dalam rangka Pengabdian Masyarakat oleh Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, pada hari kamis Tanggal 20 Juni 2013 diadakan penyuluhan kesehatan lansia yang berkerjasama dengan PERGERi (Perhimpunan Gerontologi Indonesia). Acara yang berlangsung di aula kecamatan Cinere tersebut membahas mengenai Permasalahan yang dihadapi oleh lansia dan solusi dalam mengatasi masalah tersebut.

Proses menjadi tua membuat banyak perubahan pada orang yang mengalaminya, antara lain perubahan fisik, kognitif, dan sosio-emosional. Ketiga spek tersebut saling berinteraksi dan mempengaruhi satu sama lain.  Ada beberapa faktor yang mempengaruhi dalam proses penuaan :

–          Faktor Keturunan

–          Gaya Hidup

–          Makanan

–          Penyakit yang sedang dideria atau pernah dialami

–          Lingkungan Hidup

–          Dukungan Sosial

–          Pengendalian Emosi

–          Perubahan Kognitif

–          Perubahan sosio-emosional

Perubahan-perubahan tersebut banyak memberikan dampak kepada para lansia, salah satunya adalah stres. Stres adalah kondisi  yang timbul akibat adanya jarak antara tuntutan situasi dan sumber daya yang dimiliki.

Mahasiswa fakultas psikologi memberikan kuesioner kepada kurang lebih 60 peserta dari lingkungan kecamatan cinere  yang hadir dalam acara tersebut. Kuesioner tersebut untuk menilai tingkat stres yang terdapat pada lansia. Dari situ nantinya  akan diambil 28 orang yang akan diberikan bimbingan dan pelatihan khusus tentang pengelolaan stres selama 6 kali oleh tim dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Pelaksanan tersebut akan dilaksanakan berturut-turut diselang satu hari. Pembekekalan tersebut bersifat administratif.

Diharapkan dari kegiatan tersebut para lansia tersebut dapat mengelola stresnya dengan baik. Dan dari  28 orang tersebut diharapan dapat mentransfer pembekalan tersebut kepada lansia lain yang tidak mengikuti bimbingan khusus tersebut.

IMG_0030

Leave a Reply