Kegiatan Pembinaan Sinergitas Kinerja Kecamatan Tingkat Kota Depok

Walikota Depok didampingi Camat Cinere, Kapolsek Limo, Danramil Limo dan Kabag Pemerintahan membuka Kegiatan Pembinaan Sinergitas Kinerja Kecamatan di Kecamatan Cinere

Pada hari Selasa, tanggal 5 Setember 2017, dilaksanakan kegiatan Pembinaan Sinergitas Kinerja Kecamatan Tingkat Kota Depok, bertempat di Gedung Aula Kompleks BPK V Gandul, Kecamatan Cinere. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dari Sekretariat Daerah, khususnya Bagian Pemerintahan, untuk mempersiapkan seluruh kecamatan yang ada di Kota Depok, dalam menghadapi Lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan Tingkat Provinsi Jawa Barat yang akan diadakan tahun 2018. Acara ini dihadiri oleh Walikota Depok, KH. Mohamad Idris, M.A, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Depok, Ir. Khamid Wijaya, seluruh unsur Forkopimda Kecamatan Cinere, Tokoh Masyarakat, serta perwakilan dari Ketua RW dan RT dari tiap kelurahan se – Kecamatan Cinere.
Dalam sambutannya, Walikota Depok menyatakan bahwa Kecamatan Cinere merupakan kecamatan berkinerja internal terbaik di Kota Depok. Hal ini berdasarkan dari hasil penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kecamatan Cinere yang sudah mendapatkan nilai B selama 2 tahun berturut – turut, yaitu tahun 2016 dan 2017. Hal tersebut didukung dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kecamatan Cinere sebesar 83,76% yang merupakan IPM kedua tertinggi di Kota Depok. Kedua hal tersebut diatas menggambarkan bahwa sesungguhnya Kecamatan Cinere mempunyai potensi untuk mewakili Kota Depok dalam Lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2018.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Depok, Ir. Khamid Wijaya menyatakan, bahwa penilaian utama dari kegiatan ini adalah bagaimana camat, yang mempunyai tanggung jawab untuk memimpin, mengkoordinasikan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan serta melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Walikota, mampu berkolaborasi dengan seluruh stakeholder di tingkat kecamatan, sehingga pembangunan yang dilaksanakan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di kecamatan tersebut. Dengan sudah baiknya manajemen internal di Kecamatan Cinere, tentunya akan menjadi modal berharga bagi Camat Cinere untuk menjalin kerjasama dan berkolaborasi dengan baik bersama seluruh stakeholder kecamatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Cinere, Hasnuddin, S.Sos, dalam paparannya menyatakan bahwa Kecamatan Cinere siap mensukseskan Program Unggulan Kota Depok saat ini yaitu Smart Healthy City (Kota Pintar dan Sehat), Zero Waste City (Kota Bebas Sampah)  dan Family Resiliency (Ketahanan Keluarga). Hal ini dibuktikan dengan dilaksanakannya kegiatan kegiatan seperti Renovasi Rumah Tidak Layak Huni dan Forum Kecamatan Sehat untuk mendukung Program Smart Healthy City. Lalu kegiatan Sosialisasi Pemilahan Sampah dan Gerakan Aksi Bersih dan Penghijauan guna mendukung Program Zero Waste City. Dan juga kegiatan kegiatan penunjang ketahanan keluarga seperti Forum Kecamatan Layak Anak dan Pelatihan Kewirausahaan. Sedangkan kegiatan yang khusus diadakan untuk meningkatkan sinergitas dengan aparat kepolisian dan TNI adalah Sinergitas Tiga Pilar yang mulai rutin diadakan di tahun ini. (has/wsh)

Twitter Digg Delicious Stumbleupon Technorati Facebook Email