Forum OPD dan Penyusunan Renja Kecamatan Cinere Tahun 2017

Camat Cinere Membuka Kegiatan Forum OPD dan Penyusunan Renja Kecamatan Cinere

Camat Cinere Membuka Kegiatan Forum OPD dan Penyusunan Renja Kecamatan Cinere

Bulan Februari merupakan bulan perencanaan di Kota Depok. Pada bulan ini semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyelenggarakan  Forum Renja-OPD yang merupakan wadah penampungan dan penjaringan aspirasi masyarakat, dan dunia usaha (pemangku kepentingan), untuk penyempurnaan rancangan kebijakan penyusunan Renja-OPD.

Kecamatan Cinere menjadi OPD pertama yang menyelenggarakan Forum Renja-OPD. Bertempat di Hot Inn Resto, Kelurahan Gandul, Forum Renja-OPD diselenggarakan dengan dihadiri oleh seluruh stakeholder dan perwakilan OPD di Kota Depok. Acara dibuka oleh Camat Cinere, Eko Herwiyanto, AP, M.SI. Dalam sambutannya, Camat Cinere menyatakan bahwa Forum Renja-OPD  merupakan wahana antar pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan OPD sebagai perwujudan dari pendekatan partisipastif perencanaan pembangunan daerah. Forum Renja-OPD membahas rancangan Renja-OPD, dengan menggunakan prioritas program dan kegiatan yang dihasilkan dari musrenbang RKPD di Kecamatan, sebagai bahan untuk menyempurnakan rancangan Renja-OPD, yang difasilitasi oleh OPD terkait.

Sebagai narasumber, hadir Bapak Eka Bachtiar, SE, MM, Kepala Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga, Bapak Mohammad Fitriawan, ST, MT, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, dan Ibu Novi Andriani, SKM, Kepala Bidang Sosial Dan Pemerintahan, Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian Dan Pengembangan Daerah. Ibu Novi Andriani memaparkan tentang tahapan tahapan perencanaan pembangunan di Kota Depok sekaligus menyampaikan program prioritas pembangunan dalam RPJMD 2016 – 2021. Sedangkan Bapak Eka Bachtiar dalam paparannya menyampaikan tentang program prioritas dari DPAPMK di Tahun 2018 dalam rangka pembangunan keluarga di Kota Depok. Untuk Dinas Koperasi dan Usaha Mikro berfokus untuk dapat lebih mengembangkan koperasi di Kota Depok dan juga meningkatkan kapasitas usaha mikro salah satunya berusaha untuk mewujudkan janji walikota yaitu pembangunan 1000 kios / los bagi pelaku usaha mikro.

Setelah Forum Renja OPD ini, Kecamatan Cinere akan Menyelaraskan program dan kegiatan OPD dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang RKPD di Kecamatan serta Mempertajam indikator serta target program dan kegiatan OPD sesuai dengan tugas dan fungsi OPD serta mengacu pada visi dan misi Walikota. Rancangan Renja-OPD hasil Forum Renja-OPD menjadi bahan pemutakhiran rancangan RKPD untuk selanjutnya dibahas di dalam musrenbang RKPD tingkat Kota. (wsh/has)

Twitter Digg Delicious Stumbleupon Technorati Facebook Email